23/07/16

Cara Pemupukan Pepaya California Yang Baik

Cara Pemupukan Pepaya California Yang Baik - Pepaya California Organik
Cara Pemupukan Pepaya California Yang Baik
Pada pertemuan kali ini saya akan membahas Cara Pemupukan Pepaya California yang baik dan benar, sebab banyak sekali metode2 yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pertanian yang selalu saja terus berkembang dari waktu ke waktu.

Kita semua sudah tahu bahwa tanaman apapun jenisnya bila tanpa unsur makanan tidak akan bisa berkembang, disinilah kegunaan pupuk yaitu sebagai makanan yang harus selalu siap sedia untuk perkembangan tanaman tumbuhan, tetapi pupuk seperti apakah yang baik untuk tanaman yang bisa diterima bagi tanaman maupun manusia.

Saat ini penggunaan pupuk an-organik semakin tinggi yang tidak berimbang menyebabkan tanaman semakin rentan terhadap hama penyakit.

Konsekuensinya untuk menghadapi hama dan penyakit yang semakin berkembang maka pestisida mulai digunakan secara rutin dalam melindungi tanaman.

Selanjutnya untuk memperoleh hasil panen tinggi diperlukan biaya tinggi, seperti pupuk an-organik dengan dosis tinggi dan ketergantungan pestisida juga sangat tinggi. Oleh karena itu sistem ini sangat beresiko, hasil panen cenderung turun.

Dengan banyak macam-macam pupuk sekarang ini pasti membuat bingung mana yang dipakai dan baik/bagus untuk tanaman, penggunaan dalam kegiatan usaha tani yang intensif telah mendorong pemakaian pupuk an-organik meningkat.

Hal ini menunjukan penggunaan pupuk an-organik makin lama makin tidak efisien karena tidak sebanding dengan kenaikan hasil panen.

Akibatnya jangka panjang dari pemakaian pupuk an-organik yang berlebihan akan mengakibatkan penimbunan residu dalam tanah sehingga daya dukung tanah terhadap tanaman tidak sempurna sehingga mengurangi produktivitas lahan/tanah yang bisa mempengaruhi hasil panen.

Ok untuk awal saya selalu menggunakan pupuk kandang karena dengan memasukkan bahan organik tersebut maka akan meningkatkan kandungan pada tanah, sehingga kapasitas kandungan tanah semakin tinggi.

Dan dengan masukkan bahan organik kedalam tanah juga dapat menurunkan derajat keasaman tanah, Tanah menjadi gembur.

Dalam prosesnya sendiri bahan organik dapat ditemui dengan gampang karena berupa sisa tanaman dan limbah pertanian, yang tersedia di seluruh lokasi misal wilayah rumah, kebun, atau juga berasal dari tempat lain.

Bahan organik umumnya ditemukan di permukaan tanah, jumlahnya tidak terlalu besar hanya sekitar 3-5% tetapi pengaruhnya terhadap sifat tanah besar sekali, Dibawah ini kita akan mencoba membuat pupuk secara sederhana dengan langkah2 sebagai berikut :

Pupuk bokasi kandang, Bahan-bahannya:

- Pupuk kandang ( kotoran ayam, sapi, kambing, kuda, dll )
- Katul
- Arang sekam ( baiknya dibakar dahulu )
- EM4
- Tetes tebu
- Air secukupnya

Cara Pembuatan:

Larutkan EM4 dan Tetes Tebu dalam air masing-masing 1 liter untuk 1 tanki (1 ltr/1 ton)
Pupuk kandang, katul dan arang sekam dicampur merata.

Siram larutan EM4 dan tetes tebu ke dalam adonan secara merata sampai kandungan air dalam adonan mencapai 35-40% dengan ciri-ciri bila dikepal dengan tangan air tidak keluar dari adonan dan bila dilepas maka adonan akan megar.

Setelah itu adonan digundukan diatas ubin yang kering dengan ketinggian +/- 30 cm kemudian ditutup dengan karung goni selama 5-7 hari.

Untuk mempertahankan suhu, adonan dibolak balik, kemudian ditutup dengan karung goni, suhu air diatas 50 drajat C selama 5 jam supaya dapat mengakibatkan bokasi menjadi rusak karena terjadi proses pembusukan/matang.

Cara dan Dosis Aplikasi

Dosis aplikasi pupuk organik antara 0,5-2 kg/m2. Adapun caranya sbb.:
Mula-mula pupuk disebarkan di lobang tanam dengan dosis 0,5-2kg/m2 setelah itu segera dicocok (dibebek) lalu semprot kembali dengan em4 diamkan selama 2-3jam, lalu tutup dengan tanah agar tidak terkena sinar matahari terlalu lama, sebab bakteri yang terkandung dalam pupuk organik akan mati kalau terlalu lama kena sinar ultraviolet.

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Pupuk Organik 

Keuntungan:

Menahan unsur hara baik makro atau mikro dan memperbaiki struktur tanah. Meningkatkan kapasitas kation, menambah kemampuan tanah menahan air dan meningkatkan kegiatan biologis tanah, serta dapat menurunkan jeratan keasaman tanah.

Kerugian:

Karena kandungan hara rendah pupuk yang dibutuhkan cukup banyak hal ini berakibat biaya ekonomi dan perhitungan dosis agak sedikit banyak tapi proses pemupukan selanjutnya cukup lama sehingga bila diperhitungkan akan lebih murah kalau menggunakan pupuk an organik/kimia.


Nah, dari keterangan diatas adalah salah satu metode cara pemupukan yang baik, sebenarnya ada banyak sekali metode lainnya yang mungkin akan saya bahas diartikel selanjutnya dan semoga bisa bermanfaat bagi sobat karena di blog Pepaya California Organik ini akan banyak sekali pembahasan khususnya dalam rangka Program Organik dengan pemanfaatan yang sangat banyak sekali di bumi Indonesia ini.

Dukung terus Agrobisnis-agrobisnis terutama dibidang pertanian untuk membangun perekonomian agar bisa lebih baik lagi dengan menjadi yang terbesar melalui program Go Organik.

Sebelumnya Terima kasih dan Salam Go Organik.    


1 komentar:

  1. Gambling on Video Gaming | Video Gaming - CODl.CC
    Gambling on Video Gaming is an informational youtube mp3 tool that allows you to make online gambling more accessible to those in need. It is very simple

    BalasHapus

Silahkan komentar dan selalu berbagi demi kemajuan bersama.