25/03/17

Cara Perawatan Pepaya California Yang Benar.

Tanaman Pepaya California Umur 12 bulan



Hallo selamat pagi, salam agro pepayacaliforniaorganik.blogspot.co.id untuk sobat semua. Sudah lama saya tidak muncul dikarenakan kesibukan sehari-hari. akan tetapi kali ini saya ingin berbagi kembali tentang cara merawat pepaya california khususnya organik. Baik langsung aja kita mulai..

Buah pepaya banyak mendapat perhatian dari publik/masyarakat pasar domestik dan luar negeri sebagian besar terbuka menurut Direktur Global Sourcing PT. Sewu Segar Nusantara titik distribusi buah pada tahun 2000 di seluruh Indonesia.

Permintaan pepaya bahkan pisang dalam seminggu 80-100 ton hanya khusus pasar Indonesia saja. Tapi petani hanya dapat menyediakan kurang dari 30%, kita perlu mengimpor dari luar, jika sobat memilih dan pada kenyataannya produksi petani lokal selalu bersaing dari impor, selain proses dan administrasi yang rumit dari BLM dengan biaya lain-lain sehubungan dengan impor.

Manfaat Pepaya Muda Atau Setengah Matang

Karena dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar pepaya setengah matang dapat juga sobat manfaatkan dengan saus pedas pada campuran gula merah, kacang tanah, garam, air, cabai rawit. 

Makan pepaya atau campuran irisan buah lainnya dan cabai berlabel nglotis disebut alias makan Lotis dari Solo, tradisi nglotis ini setelah makan siang dengan nasi biasanya dicampur dengan buah mangga, jambu, dan bengkoang mentimun hmmm mantaaap,Tentu saja untuk mendapatkan buah pepaya segar untuk bahan nglotis harus pandai-pandai memilih ketika membeli pepaya di pasar.

Untuk buah segar dan mengkal pepaya harus memperhatikan keasaman tanah di mana sobat menanam biji pepaya.

Untuk menjadi asam netral dan tanah lembut dan basah petani harus membuat bedengan yang berfungsi sebagai penyerapan air. 

Sedangkan jarak antara Pepaya dari 2 meter hingga 3 meter, Ini akan memudahkan sobat saat mengkontrol sistem pada setiap pohon yang tumbuh dan siap berbuah.  

Untuk mencegah pepaya tanaman tidak terkena penyakit petani harus memastikan bahwa tanah untuk penanaman bibit dengan pengecualian residu tanaman sebelumnya yang sudah dihancurkan, mengingat bekas dari tanaman sebelumnya bisa mendapatkan jamur cokelat.Tanaman pepaya membutuhkan banyak air sehingga waktu yang baik untuk menanam pepaya California adalah pusat dari musim hujan pada bulan Februari dan Maret, tanaman menerima cukup air dan tidak kekeringan, kita perlu saluran/drenasir pada setiap bedengan agar air hujan tidak stagnan/menggenang yang dapat menimbulkan busuk pada tanaman.

Bila tanaman diberikan jerami sebagai mulsa akan mengurangi penguapan air pada saat musim kemarau, sehingga tanaman tidak akan kekeringan.Dalam pengobatan dan perawatan tanaman pepaya tidaklah sulit cukup membersihkan gulma di sekitar batang tanaman pepaya. 

Sementara petani bisa memberikan pupuk karena sangat penting bagi tanaman dan jika tanaman tidak rajin diberikan pasokan pupuk maka pertumbuhan pepaya tidak akan stabil bahkan buah itu tidak akan manis pada saat panen/petik.

Baca : Cara Pemupukan Yang baik dan Benar

Baik mungkin sampai sini saja saya  memberikan info tentang perawatan pepaya california, di lain waktu saya akan memberikan info lainnya mengenai tanaman-tanaman organik selain pepaya california serta sistem penanaman dengan cara yang berbeda atau modern.

Silahkan berikan saran atau pertanyaan seputar Agro Pertanian terutama tanaman organik, Salam Sukses Pertanian Indonesia... Go Organik.




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dan selalu berbagi demi kemajuan bersama.